5.19.2011

what, when, why, whom, how much, how many, who, how

Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran ( Consumers Behaviour: Theory and Application in Marketing).

see also: my best lecture, Ujang Sumarwan, Ph.D.


1. “Perhatian” merupakan tahap pengolahan informasi yang kedua. Apa yang dimaksud dengan “perhatian”?
Jawab: perhatian adalah kapasitas pengolahan yang dialokasikan konsumen terhadap stimulus yang masuk
2. Mengapa tidak semua stimulus yang dipaparkan dan diterima konsumen akan memperoleh perhatian dan berlanjut dengan pengolahan stimulus tersebut?
Jawab: karena konsumen memiliki keterbatasan sumber daya kognitif untuk mengolah semua informasi yang diterimanya.
3. Perceptual selection adalah proses konsumen menyeleksi stimulus atau informasi mana yang akan diproses lebih lanjut. Ada berapa banyak faktor yang mempengaruhi perceptual selection. Sebutkan!
Jawab: faktor yang mempengaruhi perceptual selection ada dua yaitu faktor pribadi dan faktor stimulus.
4. Seberapa besarkah pengaruh voluntarily attention dalam mempengaruhi perhatian konsumen ? Jelaskan mengapa ?
Jawab: voluntarily attention adalah sifat konsumen yang secara sukarela memperhatikan segala informasi yang dijumpainya. Voluntarily attention berawal dari motivasi dan kebutuhan konsumen. Kebutuhan dan motivasi ini sangat mempengaruhi keingintahuan seseorang terhadap produk-produk yang diinginkannya sehingga dapat meningkatkan perhatian. Dalam hal ini voluntarily attention menjadi hal yang sangat penting, karena segala sesuatu hal adalah pertama-tama akibat dorongan dari dalam diri seseorang itu sendiri.
5. Siapakan pihak yang paling bertanggung jawab dalam mengontrol dan memanipulasi stimulus agar dapat menarik perhatian konsumen?
Jawab: pemasar dan pengiklan.
6. Dimanakah letak iklan dalam majalah yang strategis agar lebih diperhatikan konsumen dengan melihat faktor stimulus position pada perhatian ?
Jawab: iklan yang diletakkan di halaman-halaman depan majalah akan lebih menarik perhatian dibandingkan dengan diletakkan pada halaman-halaman berikutnya dibelakang.
7. Kapan sebaiknya digunakan neon-neon yang berganti-ganti nama atau bergerak?
Jawab: pada malam hari
8. Dengan siapa biasanya produsen menarik perhatian konsumen agar konsumen lebih yakin terhadap produk-produk yang ditawarkan agar pihak tersebut dapat memberikan pesan yang menarik (attractive spokesperson)?
Jawab: selebriti, tokoh, dan para ekstekutif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar