Summarized by: Gian Nubekti ( Majoring Community Nutrition of Human Ecology Faculty, Bogor Agricultural University
Based on Ujang Sumarwan.2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran ( Consumers Behaviour: Theory and Application in Marketing).
see also: my best lecture, Ujang Sumarwan, Ph.D.
definisi
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan konsumen
Untuk pengetahuan yang lebih aplikatif dalam pemasaran, Engel, Blackwell, dan Miniard (1995) membaginya dalam tiga macam, yaitu:
a) Pengetahuan produk
b) Pengetahuan pembelian, dan
c) Pengetahuan pemakaian.
Tingkat pengetahuan produk
Menurut Peter dan Olson (1999), konsumen memiliki tingkat pengetahuan produk yang berbeda. Pengetahuan ini meliputi kelas produk, bentuk produk, merek, dan model/fitur.
Pengetahuan Produk
Peter dan Olson juga membagi tiga jenis pengetahuan produk, yaitu:
1) Pengetahuan tentang Karakteristik atau Atribut Produk. Dibedakan ke dalam atribut fisik dan atribut abstrak. Atribut fisik menggambarkan ciri-ciri fisik dari suatu produk, atribut abstrak menggambarkan karakteristik subjektif dari suatu produk berdasarkan persepsi konsumen.
2) Pengetahuan tentang Manfaat Produk. Konsumen akan merasakan dua jenis manfaat yaitu manfaat fungsional dan manfaat psikososial. Manfaat fungsional adalah manfaat yang dirasakan konsumen secara fisiologis. Manfaat psikososial adalah aspek psikologis (perasaan, emosi, mood) dan aspek sosial (persepsi konsumen terhadap pandangan orang lain terhadap dirinya) yang dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi suatu produk. Manfaat suatu produk dapat dijadikan dasar untuk melakukan segmentasi pasar yang disebut sebagai benefit segmentation. Manfaat negatif bagi konsumen dari mengkonsumsi/tidak mengkonsumsi suatu produk dirasakan berdasarkan persepsi mengenai manfaat produk tersebut yang disebut persepsi risiko, terdiri dari risiko fungsi, risiko keuangan, risiko fisik, risiko psikologis, risiko sosial, risiko waktu, dan risiko hilangnya kesempatan.
3) Pengetahuan tentang Kepuasan yang Diberikan Produk bagi Konsumen.
Pengetahuan pembelian
Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk, dan penempatan produk. Perilaku membeli dengan urutan:
1) Store Contact, meliputi tindakan mencari, pergi, dan memasuki toko/outlet
2) Product Contact, meliputi mencari lokasi produk, mengambil produk, dan membawa ke kasir
3) Transaction, konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet, atau alat pembayaran lainnya
.
Pengetahuan pemakaian
Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen. Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen. Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar